Perangkat Elektronik Pertama Di Dunia

[postlink]https://yohanespratama.blogspot.com/2012/09/perangkat-elektronik-pertama-di-dunia.html[/postlink] Di bawah ini adalah model alat-alat elektronik pertama yang dibuat di dunia. Tentu bentuknya tidak sesempurna yang sekarang. Dan semuanyamasih berukuran besar dan tidak sepraktis dan secanggih alat-alatelektronik yang kita gunakan sekarang ini. Nah, apakah kalian penasaranbagaimana bentuk dan rupa dari alat-alat elektronik yang pertama itu.Silahkan, lihat gambar-gambar dan keterangannya di bawah ini.

Komputer Pertama
[Image: komputer1.jpg]

ENIAC,kependekan dari Electronic Numerical Integrator And Computer adalahperangkat elektronik digital pertama yang bekerja sebagai komputer.Perangkat ini selesai dibuat oleh Angkatan bersenjata Amerika Serikatpada tahun 1945 dan diumumkan ke publik di tahun 1946. Ketika itu,komputer tersebut ditujukan untuk menghitung arah dan jarak tembak rudalbalistik di Perang Dunia ke II.

ENIACyang memiliki bobot seberat 30 ton, menggunakan daya listrik sebesar200 kilowatt, terdiri dari 19.000 tabung hampa udara, 1500 relay, sertaratusan ribu resistor, kapasitor, dan induktor.

Salah satu komputer pertama yang dirakit oleh Apple pada tahun 1976
[Image: komputer%252Bapple_1.jpg]

Laptop Pertama
[Image: laptop.jpg]
Ditahun 1970-an gagasan komputer pribadi yang portabel pertama kalidipikirkan oleh Alan Kay di Xerox PARC. Orang ini bahkan maju ke depandan menerbitkan gagasan itu. Gagasan itu segera disambut oleh yang lain,yang akhirnya disepakati nama untuk proyek laptop pertama adalahOsborne1. Pertama diproduksi pada tahun 1981 oleh Adam Osborne, seorangyang bekerja di penerbitan buku, beratnya sekitar 11 kg. Raksasa inidilengkapi dengan layar monitor 5-inci, kelihatan seperti sebuah ponselyang berukuran raksasa, layar yang kecil dalam sebuah mesin yang besar.Meskipun bisa dibawa kemana-mana, tapi kita sama saja dengan menggendongAnak berumur sekitar 3-4 tahun kemana-mana. Laptop ini dibandrol denganharga sebesar $1800.

Kamera Pertama
[Image: cmarea.jpg]
Kamerapertama kali disebut sebagai camera obscura, yang berasal dari bahasalatin yang berarti ruang gelap. Camera obscura merupakan sebuah alatyang terdiri dari ruang gelap atau kotak, yang dapat memantulkan cahayamelalui penggunaan dua buah lensa konveks, kemudian menempatkan gambarobjek eksternal tersebut pada sebuah kertas/film, film tersebutdiletakkan pada pusat fokus dari lensa tersebut. Camera obscura yangpertama kalinya ditemukan oleh seorang ilmuwan Muslim yang bernamaAlhazen, hal tersebut terdapat seperti yang dijelaskan pada bukunya yangberjudul Books of Optics (1015-1021).
[Image: plg59drs.jpg]


Radio Pertama
[Image: radio.jpg]
Konon,inilah radio pertama yang dibuat pada tahun 1895. Pembuatnya adalahperusahaan milik Guglielmo Marconi, orang Amerika keturunan Italia yangmemegang hak paten atas penemuan radio. Namanya saja produk pertama,tentu ada banyak kekurangan pada radio ini bila dibandingkan denganradio jaman sekarang. Contoh, radio ini hanya mampu menjangkau sinyalradio dalam radius 1,5 kilometer saja, dan karena bodinya besar makasudah pasti radio ini sangat berat.

Kalkulator Pertama
[Image: kalkulator%2Broda%2Bnumerik%2B2.gif]
[Image: kalkulator.jpg]
Penemukalkulator pertama di dunia adalah Blaise Pascal. Ahli matematika dansains dari Prancis itu berhasil membuat kalkulator roda numerik atauPascaline. Alat tersebut menjadi cikal bakal kalkulator modern yangsering digunakan saat ini.

Televisi Pertama
[Image: tv1.jpg]
Iniadalah TV Set Pertama di Dunia: The "Baird pesawat televisi", 1928Sebuah eksperimen awal dan demonstrasi "Baird-tipe" televisi receiverdengan 30 baris, dan piringan Nipkow yang ternyata dengan kecepatan 750rpm menghasilkan 12 1 / 2 gambar per detik. Motor masih berjalan padabaterai 18 volt standar. Sebuah model spektakuler demonstrasi lahirnyatelevisi!

Televisipada awal diciptakannya menggunakan tabung hampa yang menjadikannyaberukuran besar, memiliki konsumsi daya yang besar serta harga yangsangat mahal.
Berikut merupakan salah satu contoh televisi pada tahun 1939 :
[Image: tv2.jpg]

0 komentar:

Posting Komentar